Jebakan Dalam Soal UUD 1945

Soal-soal ujian yang berkaitan dengan UUD 1945 terkadang bisa merupakan jebakan, sehingga peserta ujian CPNS maupun Perangkat Desa bisa terjebak walau mereka sudah menghafalkan isi dari UUD 1945 yang sudah di amandemen tersebut. Contoh soal:

Tugas MPR menurut pasal 3 UUD 1945 adalah … 
A. Menetapkan Undang-Undang 
B. Memilih Presiden dan Wakil Presiden 
C. Mengubah Undang-Undang Dasar 
D. Meminta pertanggung jawaban dari Presiden

Mari kita baca bagaimana bunyi dari Pasal 3 UUD 1945 tentang MPR:
(1) Majelis Permusyawaratan Rakyat berwenang mengubah dan menetapkan UUD
(2) Majelis Permusyawaratan Rakyat melantik Presiden dan / atau Wakil Presiden
(3) Majelis Permusyarawatan Rakyat hanya dapat memberhentikan Presiden dan / atau Wakiil Presiden dalam masa jabatannya menurut Undang-Undang Dasar
Dari pasal 3 UUD 1945 tersebut tidak ada kejelasan tentang apa "tugas MPR" sebagaimana pertanyaan jebakan di atas karena kalimat "berwenang mengubah dan menetapkan UUD", bukan merupakan tugas, tetapi kewenangan sehingga tidak tepat jika hal tersebut dimaksudkan sebagai tugas MPR. 
Memilih presiden juga bukan tugas, karena Presiden dan Wakil Presiden dipilih seara langsug oleh rakyat sebagaimana tertulis dalam Pasal 6A yang merupakan amandemen ketiga. Serta MPR dalam hal ini adalah melantik Presiden dan/atau Wakil Presiden menurut Pasal 3 UUD 1945 yang telah diamandemen. 
Kesimpulan dari soal jebakan: 
Soal jebakan tersebut di atas, mempunyai dua kemungkinan
1. Kemungkinan pertama soal UUD 1945 menjadi soal jebakan karena dibuat sebelum amandemen ketiga atau keempat, sebab, pada naskah asli berbunyi:
Pasal 3 Majelis Permusyawaratan Rakyat menetapkan Undang-Undang Dasar dan garis-garis besar daripada Haluan Negara.
 Jika merunut dari naskah asli UUD 1945 maka tak salah lagi tugas dari MPR adalah menetapkan Undang-undang Dasar dan GBHN.
2. Soal dibuat setelah amandemen, akan tetapi pembuat soal di atas mengalami kesulitan membedakan antara istilah "kewenangan dan tugas", sehingga jawaban yang dimauinya adalah C. 

Ada juga kemungkinan ketiga yakni salah pada soalnya, sehingga tidak boleh diisi.

Sponsored Links

Title : Jebakan Dalam Soal UUD 1945
Description : Soal-soal ujian yang berkaitan dengan UUD 1945 terkadang bisa merupakan jebakan, sehingga peserta ujian CPNS maupun Perangkat Desa bisa ter...

0 Response to "Jebakan Dalam Soal UUD 1945"